Pelayanan Bantuan Sosial Sembako

NO

KOMPONEN

URAIAN

A.   Komponen Penyampaian Pelayanan

 

1

Persyaratan

Pelayanan

1.1   Calon penerima Bantuan Sosial (bansos) sembako terdaftar dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran.

1.2    Membawa kelengkapan berkas:

-       Kartu Tanda Penduduk Fisik/Digital dan Fotocopy rangkap 1

-       Fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar

-       Surat undangan pengambilan sembako

 

2

Prosedur

2.1    Calon Penerima datang dengan membawa kelengkapan berkas;

2.2   Petugas menerima dan melakukan pengecekan data dan kelengkapan berkas.

2.3    Ketika berkas dinyatakan lengkap, calon penerima menandatangani dokumen tanda terima bansos sembako.

2.4    Calon Penerma mengambil paket sembako sesuai dengan dokumen tanda terima dan dilakukan pendokumentasian penerimaan paket sembako.

 

3

Waktu penyelesaian

Pelayanan

1 Hari

4

Biaya/Tarif

Tidak dipungut biaya (Gratis)

 

5

Produk

Bansos Paket Sembako

 

6

Pengelolaan

pengaduan

Pengaduan,saran dan masukan secara

a.  Tidak langsung via:

-    Kotak Saran;

-    WhatsApps 081359581556 ;

-    Telepon (0335) 421431;

-    Fax(0335) 421431;

-    Email :dinsos.probolinggokota@gmail.com

b.  Langsung

-    Pemohon menyampaikan Pengaduan ke meja pengaduan di Front Office Dinas Sosial, pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Probolinggo dan mengisi formulir pengaduan yang disediakan

B.   Komponen Pengelolaan

 

1

Dasar Hukum

1.1        Pasal 17 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

1.2             UU No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

1.3     Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial

1.4        UU No. 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin

1.5 Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial

1.6        Peraturan Menteri Sosial RI No. 09 Tahun 2018 Tentang Standart Teknis Pelayanan            Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Sosial di Daerah Provinsi dan di Daerah Kabupaten/Kota

2

Sarana dan prasarana, dan/ atau fasilitas

Ruang tunggu

Meja Kerja, 

Kursi,

Kamera,

Komputer/Laptop

Printer .

3

Kompetensi

pelaksana

Jabatan pelaksana Pendidikan minimal  : SLTA/sederajat, Ketrampilan / Pengetahuan : Pengetahuan didalam mengoperasikan Komputer dan kecakapan dalam berinteraksi ;

 

4

Pengawasan

Internal

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

5

Jumlah pelaksana

4 orang;

 6

Jaminan

Pelayanan

Petugas melayani dengan sepenuh hati secara cepat dan tepat tanpa membedakan ras/suku/agama/ golongan

7

 

Jaminan keamanan dan Keselamatan kenyamanan 

Pelayanan

  Keamanan

Tanda pengenal Petugas

Petugas keamanan eksternal

Costumer service

Informasi Pengaduan

Keselamatan

Jaminan perlindungan data Pribadi

Jaminan tidak terdapat Pungutan Liar

Kenyamanan

Jaminan Prioritas bagi penerima bansos penyandang disabilitas, Lansia maupun wanita hamil

8

Evaluasi kinerja

pelaksana

a.     Kinerja Pelayanan dapat dilihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan Kategori Baik;

b.      Rapat Koordinasi internal rutin setiap 3 bulan dan insidentil terkait pelayanan.

 


LINK TERKAIT