Pelayanan Rekomendasi Adopsi Anak

NO

KOMPONEN

URAIAN

A.   Komponen Penyampaian Pelayanan

1

Persyaratan

Pelayanan

1.1     Sehat Jasmani dan Rohani;

1.2     Berumur paling rendah 30 (tiga puluh) tahun paling tinggi 55 (Lima Puluh Lima) Tahun;

1.3     Calon orang tua Asuh harus seagama yang dianut oleh Calon Anak Angkat;

1.4     Berkelakuan Baik dan Tidak Pernah dihukum karena Melakukan Tindakan Kejahatan;

1.5     Berstatus menikah paling singkat 5 (lima) Tahun;

1.6     Bukan Merupakan Pasangan Sejenis;

1.7     Tidak atau belum mempunyai Anak Atau Hanya Memiliki Satu Orang Anak;

1.8     Dalam Keadaan Mampu secara Ekonomi dan Sosial;

1.9     Memperoleh Persetujuan Anak dan Ijin tertulis dari Orang Tua/Wali Anak;

1.10  Adanya Laporan Sosial dari Pekerja Sosial setempat;

1.11  Dalam Mengasuh Calon Anak Sekurang kurangnya 6 Bulan Sejak ijin Pengasuhan diberikan;

1.12  Diperoleh ijin Kepala Instansi Sosial Provinsi;

1.13  Permohonan Ijin Pengangkatan Anak Kepada Instansi Sosial Setempat;

1.14  Surat Keterangan Calon Orang Tua Angkat dari Rumah Sakit Pemerintah (Asli) Untuk Selanjutnya dapat diperbaharui pada saat kunjungan ke 2;

1.15  Surat keterangan kesehatan jiwa calon orang Tua Angkat dari Dokter Spesialis Jiwa Rumah Saki Pemerintah (Asli) untuk Selanjutnya dapat diperbaharui pada saat kunjungan ke 2;

1.16  Surat keterangan tentang fungsi Organ Reproduksi Calon Orang Tua Angkat dari Dokter Spesialis obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Pemerintah (Asli);

1.17  Foto copy Akte Calon Orang Tua Angkat;

1.18  Surat Keterangan catatan Kepolisian (SKCK) setempat (Asli)

1.19  Foto Copy Surat Nikah/Akta Perkawinan Calon Orang Tua Angkat (Legalisir);

1.20  Foto copy Kartu keluarga dan KTP Calon Orang Tua Angkat;

1.21  Foto Copy Akte Kelahiran Calon Anak Angkat;

1.22  Surat Keterangan Penghasilan dari  tempat kerja Calon Orang Tua Angkat (Asli);

1.23  Surat pernyataan persetujuan Calon Anak Angkat diatas kertas bermaterai cukup bagi anak yang telah mampu menyampaikan pendapatnya;

1.24  Surat pernyataan motivasi Calon Orang Tua Angkat di kertas bermaterai cukup yang menyatakan bahwa pengangkatan anak demi kepentingan terbaik bagi anak dan perlindungan anak;

1.25  Surat pernyataan orang tua angkat akan memperlakukan anak angkat dan anak kandung tanpa diskriminasi sesuai dengan hak–hak dan kebutuhan anak diatas kertas bermaterai cukup;

1.26  Surat pernyataan bahwa calon orang tua angkat akan memberitahukan kepada anak angkatnya mengenai asal usul dan orang tua kandungnya dengan memperhatikan kesiapan anak;

1.27  Surat pernyataan calon orang tua angkat bahwa tidak berhak menjadi wali nikah bagi anak angkat perempuan dan memberi kuasa kepada wali hakim;

1.28  Surat pernyataan calon orang tua angkat untuk memberikan hibah sebagian harta bagi anak angkatnya;

1.29  Surat pernyataan persetujuan adopsi dari pihak keluarga calon Orang Tua Angkat;

1.30  Surat Pernyataan Dokumen Adopsi Adalah Dokumen yang Sah;

1.31  Surat Keterangan Baik dari RT setempat;

1.32  Foto Calon orang tua angkat dan calon anak angkat ukuran 4x6 masing-masing 4 lembar;

1.33  Rekomendasi proses pengangkatan Anak dari instansi sosial setempat

2

Prosedur

2.1     Pemohon mengajukan permohonan rekomendasi Adopsi Anak ke Instansi sosial setempat;

2.2     Pemohon melengkapi dokumen persyaratan;

2.3     Homevisit pertama oleh Instansi Sosial setempat;

3

Waktu penyelesaian

Pelayanan

1 (satu) Hari Kerja.

 

4

Biaya/Tarif

Tidak dipungut biaya (Gratis)

5

Produk

Surat Rekomendasi Adopsi Anak.

6

Pengelolaan

pengaduan

6.1     Pengaduan dapat dilakukan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak  Kota Probolinggo Jl.Raya Dringu No.13 Probolinggo;

6.2     Pengaduan, saran dan masukan secara langsung via:

-       Kotak Saran;

-       Telepon (0335)421431;

-       Fax(0335)421431;

-       Email :Dinsos.probolinggokota@gmail.com

-       Aplikasi LAPOR-SP4N;

-       Telepon  ke Suara Kota Probolinggo acara ”Laporo Rek” di nomor telepon (0335) 427772 atau SMS ke Nomor 081336460000

B.   Komponen Pengelolaan

1

Dasar Hukum

1.1     Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009, tentang Kesejahteraan sosial (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 12, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4967);

1.2     Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Perlindungan Anak, Sebagaimana dirubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014;

1.3     Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak;

1.4     Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 110/HUK/2009 Tentang Persyaratan Pengangkatan Anak;

1.5     Peraturan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Pedoman Teknis Prosedur Pengangkatan Anak.

2

Sarana dan prasarana, dan/ atau fasilitas;

Kamera, Komputer, Printer Canon, Meja Komputer, Buku Register, Kursi dan filling Kabinet.

3

Kompetensi

pelaksana

3.1     Jabatan Kepala Bidang Rehabiltasi Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial minimal Pendidikan S1, memiliki Pelatihan, Ketrampilan/Pengetahuan, Pengalaman Kerja;

3.2     Jabatan Pekerja Sosial yang menangani Anak dan Lanjut Usia: minimal Pendidikan S1, memiliki Pelatihan, Ketrampilan/ Pengetahuan, Pengalaman Kerja;

3.3     Jabatan Staf Bidang Pemberdayaan Sosial: minimal Pendidikan SMA, memiliki Pelatihan, Ketrampilan/ Pengetahuan, Pengalaman Kerja.

4

Pengawasan

Internal

Pengawasan internal terhadap proses pengajuan permohonan rekomendasi Adopsi Anak dipantau oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial setiap ada masyarakat yang mengajukan.

5

Jumlah pelaksana

-       Kepala Bidang Bidang Rehabiltasi Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial 1 Orang

-       Pekerja Sosial 2 Orang;

-       Staf 1 Orang.

6

Jaminan

Pelayanan

Kepala Bidang Bidang Rehabiltasi Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial menjamin seluruh pelayanan yang diberikan oleh petugas Pelayanan Pembuatan Surat Rekomendasi untuk  permohonan Adopsi Anak sesuai dengan standar pelayanan.

7

 

Jaminan keamanan dan keselamatan

Pelayanan

-       Keaslian dokumen ditandai dengan cap basah, tanda tangan oleh Kepala Dinas Sosial Setempat serta Nomor Registrasi.

-       Menjaga kerahasian data dan dokumen pemohon

8

Evaluasi kinerja

pelaksana

a.  Kinerja Pelayanan dapat dilihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan Kategori Baik;

b.  Rapat Koordinasi internal rutin setiap 3 bulan dan insidentil       terkait pelayanan.

 


LINK TERKAIT