RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PEMBERIAN REWARD KETUA RT, KETUA RW DAN KETUA LPM

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Probolinggo menghadirkan kecamatan dan kelurahan pada Rapat Koordinasi Persiapan Pemberian Reward Ketua RT, Ketua RW dan Ketua LPM Periode Pertama Tahun 2024.

Probolinggo – Rabu (3/7), Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Probolinggo menghadirkan kecamatan dan kelurahan pada Rapat Koordinasi Persiapan Pemberian Reward Ketua RT, Ketua RW dan Ketua LPM Periode Pertama Tahun 2024. Pemberian Reward tersebut dalam rangka untuk meningkatkan kinerja Lembaga kemasyarakatan yang berada di kelurahan. Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sosial PPPA Bapak Dr. Rey Suwigtyo, S.Sos., M.Si. dan didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Bapak Tri Setyo Anggodo, S.T., M.Si.

Kepala Dinas Sosial PPPA menyampaikan akan dilaksanakan penilaian kinerja ketua RT, Ketua RW, dan Ketua LPM dengan tujuan menguatkan peran Lembaga kemasyarakatan dalam meningkatkan partisipasi Masyarakat melalui swadaya Masyarakat dalam Pembangunan. Adapun indikator penilaian tersebut, untuk kinerja Ketua RT dan RW, aspek yang dinilai antara lain melaksanakan program/kegiatan Pembangunan, melaksanakan program/kegiatan ketentraman dan bidang keamanan, melaksanakan pemberdayaan keluarga, melaksanakan kebersihan dan lingkungan hidup yang sehat, melaksanakan program/kegiatan sosial budaya dan keagamaan, mengembangkan dan membina kegiatan kepemudaan, dan yang terakhir ialah menudukung program prioritas yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Untuk kinerja Ketua LPM, aspek yang dinilai antara lain melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan program/kegiatan Pembangunan di bidang Keagamaan, bidang Ketentraman dan Ketertiban, Bidang Pendidikan dan Hubungan Masyrakat, Bidang Perekonomian dan Koperasi, Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial, Bidang Pemuda, Olahraga, dan Peranan Wanita, Bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Wisata dan Seni Budaya.

Harapan kedepan dengan nantinya diberikan Reward akan meningkatkan kinerja RT, RW dan LPM dalam menjembatani pemerintah dengan Masyarakat. Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dalam hal ini RT, RW dan LPM merupakan ujung tombak kelurahan, karena merekalah yang sehari-hari berhubungan langsung dengan warga. Jadi mereka harus memiliki data yang akurat serta lebih mengetahui apa-apa permasalahan maupun keinginan dan kebutuhan warga. Pemerintah mengharapkan LKK mampu berinovasi dan menggali potensi yang ada di wilayahnya untuk selanjutnya dapat dikembangkan dalam menunjang pembangunan masyarakat.

Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT