SPOT HANDAL
Permasalahan sosial merupakan permasalahan yang kompleks dan urgen, sehingga perlu perhatian dan penanganan optimal yang humanis, adaptif dan andalan. Sejauh ini penanganan permasalahan sosial,
Permasalahan
sosial merupakan permasalahan yang kompleks dan urgen, sehingga perlu
perhatian dan penanganan optimal yang humanis, adaptif dan andalan.
Sejauh ini penanganan permasalahan sosial, khususnya untuk PMKS
terlantar, telah dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat melalui
sistem panti maupun non panti. Akan tetapi belum memberikan dampak yang
signifikan. Hal tersebut dikarenakan masih terbatasnya sumberdaya
manusia, sarana dan prasarana dalam memberikan pelayanan sosial yang
optimal yang bersifat humanis, adaptif dan andalan. Diketahui layanan
sosial berbasis panti milik pemerintah tersedia oleh UPT milik
Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan terbatas jumlahnya, tidak merata di
setiap kabupaten kota ada. Sehingga penanganannya belum bisa optimal dan
menyeluruh menjangkau kabupaten/kota di Jawa Timur. Untuk menjawab
tantangan ketidaktersediaan UPT layanan sosial PMKS terlantar yang
berbasis residential di kota Probolinggo maka perlu inovasi SPOT HANDAL
( Shelter Pelayanan Optimal bagi Terlantar yang Humanis, Adaptif dan
Andalan). Berdasarkan data layanan PMKS terlantar di register Dinas
Sosial Kota Probolinggo diketahui Tahun 2020 Jumlah PMKS
terlantar/jalanan terlayani mencapai 71 klien dan pada Tahun 2021
mencapai 93 PMKS terlantar terdiri dari Orang terlantar ( kehabisan
bekal perjalanan), anak terlantar/jalanan, lanjut usia terlantar dan
Tuna sosial ( wanita tuna susila, gelandangan, pengemis, gelandangan
Psikotik/ ODGJ, T4 dan sejenisnya). Dengan latar belakang tersebut untuk
menjawab kebutuhan PMKS terlantar yang optimal, maka Dinas Sosial,
Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Probolinggo mendirikan
Shelter, memberikan layanan berupa rumah singgah/tempat
sementara/tempat berlindung atau berkelanjutan untuk kondisi tertentu
guna menyiapkan kondisi mental, psikologi, keberfungsian sosial penerima
layanan ( klien PMKS ) sebelum mendapatkan rujukan yang sesuai dengan
kriteria permasalahannya.
Tujuan Inovasi SPOT HANDAL dalam layanan ini adalah:
- Menjawab ketidaksediaan UPT layanan sosial menjadi ada meski sifatnya residential berupa Shelter/Rumah Singgah;
- Merespon percepatan penanganan PMKS terlantar;
- Terlayaninya PMKS terlantar sesuai SOP dan mekanisme yang ada;
- PMKS terlantar dilayani dan tertangani dengan layanan yang dapat diandalkan;
- Menjadi
penghubung berbagai pilar sosial, sehingga dapat optimal waktu
pelayanan PMKS terlantar dan menjadi tempat yang mudah diakses karena
menjadi satu tempat (one gate system) yang humanis, adaptif dan andalan;
- Menjadi tempat layanan cepat yang aman, nyaman dan terlindungi sementara bagi PMKS terlantar;
- Mempercepat waktu layanan yang awalnya mekanismenya 3 – 7 hari kerja menjadi 1 – 2 hari kerja;
- Menjadi tempat yang mudah di akses oleh semua pemberi pelayanan PMKS.
Dampak inovasi SPOT HANDAL:
- Efisiensi waktu pelayanan PMKS;
- Layanan terhadap PMKS menjadi lebih cepat dan tanggap;
- PMKS tertangani karena mendapatkan solusi yang cepat dan optimal;
- Jumlah PMKS segera terentaskan, diterima masyarakat serta keberfungsian sosial klien eks PMKS.
Dengan inovasi SPOT HANDAL ini harapannya:
- Secara
langsung masyarakat Kota Probolinggo dapat dengan cepat mendapat respon
penanganan masalah sosial khususnya PMKS terlantar;
- Menjadi tempat penampungan sementara/rumah singgah yang nyaman dan aman terlindungi bagi aduan masyarakan PMKS terlantar;
- Masyarakat mendapatkan layanan rehabilitasi sosial dan jaminan sosial sesuai mekanisme SOP shelter.
- Dapat
saling berkoordinasi antar anggota dengan Pilar sosial (tenaga
kesejahteraan sosial, pendamping sosial PKH, pekerja sosial masyarakat)
dalam menangani PMKS terlantar;
- Memperoleh kemudahan dalam penanganan mekanisme layanan yang sesuai prosedur yang berlaku;
- Sinergi rujukan PMKS terlantar yang dapat diandalkan.
- Tugas
Tim Komite PMKS menjadi optimal lebih handal (Humanis, Adaptif dan
Andalan) menyesuaikan dengan perkembangan zaman berdasarkan SOP yang ada
dan layanan lebih cepat dan prima, serta dapat mengukur kemampuan
kinerja dan solid kerja tim work dengan cepat dalam pelaksanakan sesuai
tugas dan fungsi yang di tetapkan dalam SK Walikota Probolinggo;
- Komite
PMKS Kota Probolinggo dapat dengan respon cepat tanggap dan handal
dalam menangani penyandang masalah sosial yang telantar dapat segera
tertangani dengan baik.
Fungsi dari shelter:
- Menjadi kan Shelter sebagai tempat layanan tercepat untuk menjawab masalah sosial keterlantaran;
- Tidak semua kabupaten kota tersedia shelter/penampungan sementara bagi PMKS terlantar;
- Sebagai tempat sementara terlindungi dan aman bagi PMKS terlantar;
- Akses yang mudah bagi semua pilar sosial untuk menangani PMKS terlantar.
ESTIMASI WAKTU MEKANISME PELAYANAN SPOT HANDAL
Waktu
|
Keterangan
|
15 menit
|
Penerimaan Klien PMKS terlantar ( dari aduan 112/ hasil razia Pol PP/aduan masyarakat/rujukan instansi lain )
|
30 menit
|
Identifikasi Awal
|
30 menit
|
Pemeriksaan Kesehatan /Identifikasi Kependudukan
|
60 menit
|
Penjangkauan/ Penelusuran Klien dan Keluarga
|
60 menit
|
Assesmen Klien
|
120 menit
|
Laporan Hasil Assesmen Klien
|
120 menit
|
Rapat Kasus
|
30 menit
|
Membuat Rujukan
|
720 menit/12 jam
|
Rehabilitasi Klien
|
180 menit
|
Reunifikasi/ Pemulangan Klien pada Keluarga
|
60 menit
|
Monitoring dan Evaluasi
|
30 menit
|
Terminasi
|
Total :
1455 menit
|
1445 menit ( sekitar 24 jam) dibagi jam kerja =
1 – 2 hari pelayanan PMKS
|
Manfaat yang akan didapatkan setelah inovasi:
- Memberikan kemudahan akses bagi PMKS Terlantar untuk mendapat pelayanan utama;
- Memberikan layanan terpadu satu pintu sesuai dengan mekanisme pelayanan kesejahteraan sosial;
- Memberikan pelayanan PMKS Terlantar yang cepat dan tanggap (2 hari kerja /two days system).
Jaminan keberlanjutan inovasi:
- Kompleksnya permasalahan sosial dan masih banyaknya pengaduan/ rujukan/ hasil Razia PMKS Terlantar menjadikan SPOT HANDAL tempat yang dibutuhkan keberlangsungannya di Kota Probolinggo;
- Selama adanya masalah sosial, SPOT HANDAL menjadi solusi yang tepat untuk penanganan PMKS di Kota Probolinggo;
- Keberadaan SPOT HANDAL sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengurai permasalahan sosial di masyarakat khususnya PMKS terlantar di masyarakat.
Resiko dan tantangan:
Dalam pelaksanaan penerapan layanan SPOT HANDAL resiko dan tantangannya adalah sebagai berikut :
- Komite
PMKS (termasuk petugas shelter dan bidang yang terkait) harus siap
siaga 24 jam dengan aturan piket yang telah ditentukan;
- Petugas
harus lebih berjiwa sosial yang tinggi dan humanis, adaptif dan andalan
dengan kondisi klien (PMKS) dishelter yang berbagai rupa (gila dll);
- Komite harus siap sedia dengan kondisi tanggap darurat dalam penanganan PMKS;
- Komite SPOT HANDAL harus mampu berkoordinasi dengan berbagai pilar dengan tanggap dan cepat;
- Komite SPOT HANDAL mampu menangani PMKS dengan one stop system, agar tidak memakan waktu dan dapat berjalan dengan cepat;
- Komite SPOT HANDAL dapat diandalankan kapan pun dalam penanganan PMKS.